Program Studi Arsitektur Swasta
Terbaik di Aceh
Akreditasi "B"
Tenaga pengajar lulusan terbaik dari Universitas terkemuka dalam dan luar negeri dengan pendidikan yang relevan di program studi.
Fasilitas Belajar Lengkap
Memiliki studio desain arsitektur, ruang galeri arsitektur, laboratorium digital, studio tugas akhir, ruang sidang tugas akhir dan ruang belajar yang nyaman.
Previous
Next

Program Studi Arsitektur

STUDIO DESAIN ARSITEKTUR

Studio Desain Arsitektur merupakan fasilitas utama bagi matakuliah perancangan pada Program Studi Arsitektur (PSA) Unmuha. Pada Studio Desain mahasiswa menyelesaikan tugas sesuai dengan matakuliah masing-masing. Matakuliah inti pada PSA Unmuha yaitu :

  • Estetika Bentuk

Mata kuliah ini berisi tentang pembahasan bentuk, konsep gubahan bentuk, serta aspek yang mempengaruhi estetika (keindahan) bentuk. Aspek-aspek tersebut di antaranya: titik, garis, bidang, warna, tekstur, pola, dan lain-lain, serta prinsip – prinsip desain yaitu keseimbangan, irama, tekanan/pusat perhatian, skala, proporsi, urutan, dan kesatuan. Metode perkuliahan berupa penjelasan materi dan pemaparan contoh-contoh visual dalam bentuk slide show power point yang diikuti dengan praktik untuk melatih sistem kognitif dan motorik mahasiswa.

  • STUPA Trimatra

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip trimatra arsitektur (bentuk dan ruang). Mahasiswa juga dilatih untuk mengilustrasikan bentuk-bentuk karya yang telah di desain dapat di terapkan pada rancangan bangunan.

  • STUPA Fungsi dan Aktivitas Tungal

Melatih kemampuan dan pemahaman dalam menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan sederhana funggsi dan aktivitas tunggal dengan pemperhatikan tapak dan peraturan bangunan setempat.

  • STUPA Fungsi Ganda

Kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan yang berfungsi ganda yaitu rumah tinggal serta tempat usaha atau bisnis dalam satu hunian dengan konstruksi bangunan 2 – 3 lantai.

  • STUPA Massa Banyak

Kemampuan dan pemahaman dalam menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan dengan kompleksitas fungsional dengan konstruksi bangunan 2 – 3 lantai dengan mempertimbangkan peraturan bangunan setempat.

  • STUPA Bangunan Investasi

Kemampuan dan pemahaman dalam menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan dengan kompleksitas fungsional menengah (fungsi tunggal, volume besar) dengan konstruksi bangunan 4 – 10 lantai yang terletak dalam lingkungan perkotaan sehingga harus mempertimbangkan peraturan bangunan setempat.

  • STUPA Simbol dan Budaya

Kemampuan dan pemahaman dalam menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan dengan kompleksitas fungsional menengah (fungsi tunggal, volume besar) dengan konstruksi bangunan 3 – 4 lantai dengan mempertimbangkan peraturan bangunan setempat dan budaya sekitar.

Pengumuman

X