Dosen Teknik Sipil Unmuha Terbitkan Buku Referensi Value Engineering

Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Dr. Ir. Hafnidar A. Rani, menerbitkan buku referensi berjudul ‘Konsep Vaue Engineering dalam Manajemen Proyek Konstruksi’.

“Value Engineering atau Rekayasa Nilai merupakan suatu konsep yang sistematis dan terstruktur dalam melakukan analisis fungsi untuk mencapai nilai terbaik pada proyek konstruksi,” kata Dr. Ir. Hafnidar, Rabu, 8 Juni 2022.

Ia menjelaskan tahapan rencana kerja Value Engineering yang akan dibahas dalam buku tersebut meliputi, tahap informasi (information phase), tahap kreativitas (creative phase), tahap analisis (analysis phase), tahap evaluasi (evaluation phase), tahap pengembangan (development phase) dan tahap rekomendasi (recommendation phase).

“Konsep tersebut fokus terhadap nilai dan fungsi untuk mencapai keseimbangan yang optimum antara waktu, biaya dan mutu,” ungkap Dr. Ir. Hafnidar.

Dr. Ir. Hafnidar mengatakan mengingat konsep ini belum optimal diterapkan pada proyek konstruksi di Indonesia, maka melalui buku ini dirinya berharap dapat berkontribusi dalam manajemen konstruksi di seluruh Indonesia.

“Karena sangat besar manfaatnya jika konsep ini diterapkan pada proyek konstruksi, para akademisi dan praktisi,” ucapnya.

Ia menyadari dalam penyusunan buku ini masih terdapat kekurangan. Namun ia yakin sekecil apapun tulisan dalam buku ini tetap akan memberikan manfaat bagi para pembaca.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Komentar

X