Evaluasi Penerapan Kurikulum MBKM

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh, Kamis tanggal 6 Januari 2022 melaksanakan Workshop Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Ruang Rapat Biro Rektorat Lantai II Gedung Unmuha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik Ir. Wahyuni, MT, IPM, Ketua Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Ir. Tamalkhani, ST, M.Eng.Sc, IPM, ASEAN Eng dan seluruh Dosen Program Studi Teknik Sipil. Dalam sambutan dan pembukaan Wakil Dekan I menyampaikan bahwa pentingnya pemahaman setiap dosen terhadap Kurikulum MBKM. Dengan kebijakan MBKM mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memilih mata kuliah yang akan diambil dengan bentuk kegiatan pembelajaran yang ditawarkan sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020.

Ketua Program Studi Teknik Sipil juga menyampaikan bahwa Kurikulum saat ini juga telah menerapkan Outcome Based Education (OBE) dimana pembelajaran yang fokus dalam mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru dan mempersiapkan diri di level global. Capaian pembelajaran Prodi Teknik Sipil telah dirumuskan dengan mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI dan SN-Dikti yang terdiri dari 4 unsur meliputi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.

Komentar