Akreditasi Prodi Arsitektur Unmuha dan Pandemi Covid 19

Sejak diberlakukan sistem “Belajar dari Rumah” berdasarkan edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 24  Maret 2020, yang mengatur pelaksanaan pendidikan pada masa darurat penyebaran virus corona, PSA Unmuha telah melaksanakan pembelajaran secara Daring melalui aplikasi yang memudahkan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan dosen yang berbasis internet. Banyak kendala dalam menjalankan sistem daring ini, selain disebabkan keterbatasan iptek juga permasalahan jaringan yang tidak mendukung untuk daerah-daerah terpencil dimana mahasiswa berasal. Seiring dengan perjalanan waktu dan proses pembelajaran yang terus menerus saat ini baik dosen maupun mahasiswa sudah terbiasa melaksanakan sistem kuliah daring.

Selalu ada hikmah dalam setiap musibah yang diberikan Allah SWT. Alhamdulillah dalam masa keprihatinan pandemi covid 19 ini, PSA Unmuha mendapatkan kabar gembira dengan keluarnya hasil akreditasi yaitu “B” dari BAN-PT bernomor 1760/SK/BAN–PT/Ak-PPJ/S/III/ 2020 yang berlaku selama 5 tahun 2020 – 2025 tertanggal 18 Maret 2020.

Akreditasi Prodi Arsitektur

Ketua PSA Unmuha, Henny Marlina, ST. MT, mengatakan “ Rasa Syukur pada Allah SWT dan terimakasih yang tak terhingga kepada semua tim yang terlibat. Ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim yang telah bersama-sama berjuang dalam menyatukan visi, misi dan tujuan yang satu demi Arsitektur Unmuha nan jaya”.

Dalam masa pandemic Covid 19 ini, PSA Unmuha tetap melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan agenda yang telah ada. Hal ini juga berlaku untuk jadwal sidang baik Kerja Praktek (KP), Praktek Profesi (PP) maupun Seminar Proposal. Sidang dilaksanakan melalui online menggunakan aplikasi zoom yang di koordinir langsung oleh masing-masing dosen pembimbing dari mahasiswa yang akan sidang. Proses seleksi bagi mahasiswa yang layak sidang dilakukan oleh PSA Unmuha dengan mengecek kelengkapan dokumen melalui online.

Sidang Online KP,PP dan Seminar

Mengenai surat menyurat selama masa pandemic Covid 19 ini, PSA Unmuha merilis surat menyurat berbasis online melalui website prodi arsitektur. Semua mahasiswa aktif dapat mengurus keperluan surat menyurat dengan mengajukan di halaman yang telah diinfokan oleh PSA Unmuha di media social. Surat menyurat yang diajukan berupa surat permohonan aktif kuliah, surat pengajuan kerja praktek/ praktek profesi dan lain-lain. Sejauh ini belum ada kendala yang terlalu signifikan dikarenakan PSA Unmuha terus memberikan informasi terbaru terkait sistem pembelajaran dan  mahasiswa juga proaktif mendukung berjalannya sistem tersebut.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Komentar

X