“Mereumpok, Meupisah” Pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) menggelar pelepasan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ketiga tahun 2023 dengan tema “Mereumpok, Meupisah” Acara tersebut diadakan di ruang gedung biro lantai dua Universitas Muhammadiyah Aceh.

Sejak dimulainya kegiatan PMM pada tanggal 15 September 2023, delapan mahasiswa fakultas teknik dari berbagai daerah di Indonesia telah mengikuti perkuliahan di Fakultas Teknik UNMUHA. Selama program ini berlangsung, mereka juga menjalani 16 kegiatan modul nusantara, termasuk kunjungan ke Mesjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami Aceh, Museum PLTD Apung, tempat-tempat wisata terkemuka, dan Monumen Nol Kilometer Indonesia di Sabang. Selain itu, para mahasiswa juga memberikan kontribusi sosial Mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan memberikan pelatihan atau workshop di Desa tentang “Kreativitas Pengolahan Bahan Bekas Rumah Tangga menjadi produk yang bernilai jual ”.

Acara pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 12 Januari 2024, dihadiri oleh pimpinan fakultas, yaitu Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Hafnidar A. Rani, ST, MM, IPU, ASEAN Eng, ACPE, APEC Eng, dan Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III. Turut hadir pula dosen, staf, serta pihak terkait yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan PMM ketiga ini.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Hafnidar A. Rani, ST, MM, IPU, ASEAN Eng, ACPE, APEC Eng. dan Wakil Dekan I memberikan kata sambutan dan menyampaikan rasa terima kasih kepada perguruan tinggi serta mahasiswa yang telah mempercayai dan memilih UNMUHA sebagai kunjungan tempat pertukaran mahasiswa menimba ilmu hingga ingin mengenal adat budaya Provinsi Aceh. Beliau juga mendoakan kesuksesan para mahasiswa setelah kembali ke universitas masing-masing, berharap mereka tidak melupakan kenangan berharga selama berada di UNMUHA. Mahasiswa PMM dijadwalkan kembali ke universitas masing-masing pada tanggal 15 Januari 2024, membawa pulang pengalaman berharga serta pengetahuan baru yang mereka peroleh selama tinggal di Aceh.

Sebagai penutup acara, para dosen memberikan souvenir kenang-kenangan perpisahan kepada para mahasiswa PMM, dan acara ditutup dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen berharga selama pertukaran mahasiswa ini. Semoga pengalaman ini tidak hanya menjadi bekal berharga bagi para mahasiswa dalam mengembangkan pemahaman mereka tentang budaya, ilmu dan meninggalkan kenangan bagi para mahasiswa, tetapi juga mempererat hubungan antara UNMUHA dengan perguruan tinggi serta mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Komentar