LLDikti XIII Aceh Evaluasi Pembukaan Dua Prodi Baru di UNMUHA

TS UNMUHA – Tim Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh melakukan kegiatan visitasi dan evaluasi lapangan usulan rekomendasi pembukaan dua Program Studi (Prodi) baru tahap keempat Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) yang dilaksanakan di ruang rapat lantai II Biro Rektor, Rabu, 7 Juli 2021.

Dua prodi baru tersebut yakni Program Studi (Prodi) S1 Agribisnis pada Fakultas Ekonomi dan Prodi Magister Teknik Sipil pada Fakultas Teknik.

Rektor UNMUHA, Dr. Aslam Nur, berterima kasih kepada Tim LLDIKTI Wilayah XIII yang dengan cepat merespon permohonan Universitas Muhammadiyah Aceh untuk mengeluarkan rekomendasi pembukaan kedua program studi yang diusulkan.

“Kita sangat siap untuk prodi baru, kita masih memiliki luas lahan 5 hektar dan juga beberapa tanah wakaf yang berlokasi di Banda Aceh. Untuk dimanfaatkan, kedepan UNMUHA akan mengusulkan kembali dengan Prodi lainnya,” kata Aslam.

Evaluator untuk Prodi Magister Teknik Sipil, Prof. Sofyan, mengatakan hasil pemeriksaan dokumen dan lainnya pada Prodi Magister Teknik Sipil UNMUHA pada prinsipnya sudah memenuhi syarat, namun sedikit ada perbaikan dari linieritas dosen.

“Dapat dikatakan dari hasil pemeriksaan tadi sudah 90 persen memenuhi syarat,” ujar Sofyan.

Ia juga menyarankan Fakultas Teknik agar kedepan meningkatkan kompetensi dosen. “Dari sisi fasilitas sarana dan prasarana sudah cukup baik. Kedepannya yang harus ditingkatkan adalah kualifikasi dosennya saja,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNMUHA, Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, ST, M.M, IPU, ASEAN Eng, menyebutkan adapun tahapan evaluasi yang dilakukan Tim LLDIKTI meliputi evaluasi terhadap dosen, evaluasi dokumen, evaluasi sarana dan prasarana.

“Alasan kita mengusulkan pembukaan prodi baru untuk Prodi Magister Teknik Sipil, kita melihat prospek dan minat lulusan Sarjana Teknik Sipil serta tuntutan para akademisi dan praktisi sangat berpeluang untuk membuka Prodi S2 Teknik Sipil di UNMUHA, mengingat di Aceh hanya ada di Unsyiah saja. Sedangkan di Universitas swasta belum ada di Aceh,” tegasnya.

Untuk tindaklanjut dari evaluasi tersebut, kata Hafnidar, Tim LLDIKTI akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Sistem Informasi Layanan Perizinan Kelembagaan Perguruan Tinggi (Silemkerma).

Untuk diketahui, tim visitas dan evaluasi bernomor: 1397/LL13/KP.04.00/2021 diketua oleh M. Fuad, sekretaris, Prof. Sofyan, anggota Dr. Muhammad Sayuthi, Muhammad Nur dan Reza Amanda Putra.

Kegiatan itu juga dihadiri Dekan Fakultas Teknik, Dr. Hafnidar, Dekan Fakultas Ekonomi Drs. Tarmizi serta Wakil Dekan.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Komentar

X