Pengelola Jurnal Fakultas Teknik Unmuha Ikuti Pelatihan dengan Open Jurnal System 3

FT UNMUHA – Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengikuti pelatihan pengelolaan jurnal Fakultas Teknik dengan Open Jurnal System (OJS) 3.0, di Ruang Rapat Lantai II, Biro Unmuha, selama dua hari yakni, 22-23 Maret 2021.

Dekan Fakultas Teknik Unmuha, Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, ST, M.M, IPU, ASEAN Eng, mengatakan pelatihan OJS 3 ini dilakukan guna persiapan menuju jurnal nasional yang terakreditasi yaitu jurnal nasional ilmiah yang diakreditasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (Kemenristek-BRIN).

“Jurnal nasional terakreditasi menjadi hal penting, sebab tidak bisa asal dipublikasikan karena terdapat aturan khusus terkait proses publikasi karya ilmiah,” kata Hafnidar dalam sambutannya.

Ia menjelaskan Sitasi menjadi salah satu faktor penting yang membangun kredibilitas sebagai ilmuwan dan untuk meningkatkan peringkat World Class University. Sebab, jumlah sitasi yang tinggi menandakan penelitian yang dilakukan berdampak luas pada masyarakat.

Adapun targetnya dalam pelatihan OJS 3 kali ini, lanjutnya, adalah jurnal Fakultas Teknik di dua prodi, baik di prodi Sipil maupun Arsitektur terakreditasi Science and Technology Index (SINTA).

“Kalau kita liat fungsi sinta untuk menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi. Jadi, kalau tidak terakreditasi tidak diakui, kalau udah terakreditasi sudah masuk ke jurnal nasional,” tegasnya.

Menurutnya, ini juga merupakan salah satu aspek untuk menunjang bidang penelitian di akreditasi kampus. Namun, harus diawali dengan mengupgrade dari OJS 2 menjadi OJS 3.

Ketua Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Unmuha, Dr. Meutia Zahara, berharap pelatihan ini bukanlah yang terakhir. Karena, dengan adanya OJS dapat menjadi keperluan sebuah jurnal.

“Kita bisa melihat keperluan sebuah manuskrip dari sebuah jurnal dimana dari author, editor, ke reviewer. Kemudian, dari reviewer kembali ke editor dan kembali lagi ke author,” tutur Meutia.

Namun demikian, lanjutnya, dosen sebagai pengelola jurnal harus paham betul cara menulis. “Kita tidak bisa menjadi pengelola atau reviewer kalau tidak bisa menulis. Luangkan waktu untuk fokus minimal sejam,” sebutnya.

Pemateri Pelatihan Pengelolaan Jurnal Fakultas Teknik dengan OJS 3, Muhammad Ridwan Harahap, M. Si, berharap kepada pengelola nanti dalam mengelola jurnal memiliki hati yang mulia sekali dalam melepaskan semua kegiatan yang lain agar fokus untuk jurnal.

“Komitmen dan integritas yang paling penting. Kita harus fokus mengelola jurnal, karena kalau tidak fokus, sayang penulis,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Jurnal FT dam Editor in Chief Jurnal Rumoh Aceh, Dr. Aulina Adamy, mengatakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal Fakultas Teknik dengan OJS 3.0 yaitu call paper untuk masing-masing jurnal siap dipublikasi via OJS 3 pada Desember 2021.

“Silahkan yang berminat menerbitkan artikel diterima dengan senang hati. Kami menargetkan 2 tahun sudah terakreditasi Sinta,” imbuhnya.

Komentar