Rapat Kerja APTARI 2018

Rapat Kerja Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia tahun 2018 yang diselenggarakan di Kota Surabaya pada tanggal 15-16 Oktober yang bertemakan “Tren Pendidikan Arsitektur Indonesia” dan sebagai tuan rumah acara ini dipercayakan pada Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya.  Pada acara tersebut PSTA Unmuha juga ikut hadir untuk saling koordinasi antar anggota dalam pengembangan kurikulum program studi. Acara tersebut dibuka oleh Rektor UKP Surabaya yang diwakilkan oleh Bapak Dr. Rudy Setiawan, selaku Dekan Fakultas Teknik UKP Surabaya.

Dalam kegiatan kali ini materi yang dibahas adalah tentang:

  1. Kurikulum – isu sinkronisasi pendidikan S1, PPAr, S2 dan S3; kurikulum studio desain;
  2. Akreditasi – isu akreditasi, penjaminan mutu dan lembaga akreditasi mandiri
  3. Pengembangan Keilmuan – a.l. isu kerjasama riset, workshop, jurnal, revolusi keilmuan arsitektur 4.0
  4. Pendidikan Keprofesian – isu kurikulum, strategi, akreditasi dan kerjasama PT dengan asosiasi profesi

Pada setiap materi, dibahas secara serentak dalam kelompok secara paralel. Setiap kelompok diskusi saling menyamakan persepsi dan pandangan dalam penyelenggaraan program studi yang berkaitan dengan Tri-Dharma Perguruan Tinggi. Hasil akhir diplenokan dan dipaparkan secara terbuka dalam rangkuman sesi parallel.

Turut hadir memberikan materi pada acara tersebut adalah Ketua Umum IAI Nasional 2018-2021 yaitu bapak Ahmad Djuhara yang berbicara tentang “Penerapan UU Arsitek dan Relevansi dengan Pendidikan Arsitektur Indonesia”. Acara juga diselingi dengan mendengarkan “Berita dari Palu” tentang kondisi Palu setelah musibah gempa, tsunami dan likuifaksi yang melanda, disampaikan oleh perwakilan prodi arsitektur Universitas Tadulako. Pada kesempatan tersebut Aptari menyerahkan bantuan dana dari iuran tahunan guna membantu saudara-saudara kita disana. Sesi  terakhir acara ditutup kembali oleh Bapak  Dr. Rudy Setiawan dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Komentar

X