Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya

Gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Kamis (15/3/2018) pukul 12.24 WIB. Gempa tersebut berpusat di darat. Info dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa lokasi gempa berada di darat pada 6 kilometer arah barat laut Pidie Jaya atau di koordinat 5,21 Lintang Utara-96,22 Bujur Timur dengan kedalaman gempa 10 kilometer. Gempa bumi mengakibatkan banyaknya infrastruktur yang rusak.

Sejumlah mahasiswa arsitektur Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan pengabdian masyarakat di kabupaten Pidie Jaya. Mahasiswa melaksanakan kegiatan pendataan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi, melakukan bersih-bersih pasca gempa terjadi dan melakukan pengecekan infrastuktur pada bangunan-bangunan yang rusak parah akibat gempa bumi.

Jumlah kerusakan yang terjadi pasca gempa terdapat 105 unit ruko roboh, 268 unit rumah warga rusak parah dan 14 unit masjid rusak parah sedangkan jumlah korban terdapat 99 orang meninggal dunia, 128 orang luka berat dan 489 orang luka ringan.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Komentar

X