Dosen FT Hadiri Rakornas AST PTMA 2023 di Bukittinggi

FT UNMUHA – Sejumlah dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menghadiri Asosiasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (AST-PTMA) 2023 23-27 Oktober 2023 di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Rakornas AST PTMA ini dibuka Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Sekdaprov Sumbar, di Hotel Rocky pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Dalam rakornas ini, selain kegiatan rutin yaitu Forum Dekan dan Forum Kepala Program Studi, maka dilaksanakan juga 7th International Conference on Engineering and applied technology (ICEAT) dan Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) XI serta Pekan Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM).

Dekan Fakultas Teknik Unmuha, Prof. Dr. Ir. Hafnidar A. Rani, ST, MM, IPU, ASEAN Eng, ACPE, menjelaskan agenda tahunan Rakornas ini diikuti 150 orang, 36 Fakultas Sains dan Teknologi se Indonesia dan 19 Perguruan Tinggi sebagai Cohost, FT Unmuha seperti biasa juga ikut andil sebagai Cohost pada kegiatan ini.

Dari FT Unmuha dihadiri oleh Dekan Prof. Dr. Hafnidar A Rani, ST, MM, Asean Eng ACPE, Wakil Dekan II, Ir. Fatimah Azzahra, ST, MT, Wakil Dekan III, Ir.Maimunah,. S.T., M. Eng. IPM. ASEAN Eng, dan Kaprodi Teknik Sipil, Dr. Ir. Tamalkhani, ST, M.Eng.Sc, IPM, ASEAN Eng.

Rektor UM Sumbar, Dr. Riki Saputra, MA, menjelaskan, UM Sumbar menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah. Kegiatan skala nasional ini, dilaksanakan untuk memperkuat jejaring kerjasama dan sharing ilmu antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah se Indonesia.

“Ini adalah pembuktian UM Sumbar selalu bersinergi dengan pemerintah daerah. AST PTMA, terus berkomitmen bersama pemerintah untuk maju mencerdaskan anak bangsa. Kita hidup harus berkolaborasi, sehingga kami UM Sumatra Barat siap menerima masukan yang baik untuk perguruan tinggi agar dapat lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Sekda, Martias Wanto saat acara Gala Dinner pada malam harinya di Rumah Dinas Walikota, menyampaikan apresiasi dipilihnya Bukittinggi sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakornas AST-PTMA. UM Sumatra Barat, memang tepat menjadi pelaksana dan memilih kota yang penuh sejarah ini.

“Saya ucapkan terima kasih telah memilih Bukittinggi sebagai lokasi Rakornas,” ucapnya.

Komentar