LLDikti 13 Aceh Visitasi Kelayakan Pembukaan Prodi S1 Manajemen Bencana FT UNMUHA

FT UNMUHA – Dekan Fakultas Teknik UNMUHA Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, ST, M.M, IPU, ASEAN Eng, ACPE, menerima Visitasi dan Evaluasi Lapangan Pembukaan Prodi Manajemen Bencana Program Sarjana Fakultas Teknik Unmuha dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 13 Aceh, Kamis, 2 Februari 2023, di Lantai 2 Gedung FKM Unmuha.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, H. Almanar S.H., M.H, MA, Kepala Biro Administrasi Umum Dr. H. Nuzulman, S.E., M. Si. Hadir juga calon Ketua Prodi, Widya Soviana, ST., M.Si, dan calon dosen Prodi Manajemen Bencana Veri Yanti, ST., M.T, Annisa Sri Sugiarti, S.Si., M.Si, Risma Sunarti, S.Si., M.Si, Dzakiyul Mubarak, S.Sos., M.Si, Muhammad Nur Akmal, SE., M.Si, serta undangan lainnya.

Visitasi tersebut di ketuai oleh Muhammad Nur, S. Pd., M. Pd, dengan anggota Reza Amanda Putra, S.H, Ita Zahara, S. Sos, M. Si dan Ihsan, S. TH.

Dekan Fakultas Teknik UNMUHA Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, ST, M.M, IPU, ASEAN Eng, ACPE, mengatakan Prodi Manajemen Bencana ini sudah kita usulkan lebih awal ditahun 2019, karena belum ada nomenklaturnya Prodi Mitigasi Bencana maka di ubah namanya menjadi Prodi Manajemen Bencana untuk disiplin ilmunya.

Menurutnya, bisa saja program ini berada di bawah Fakultas Teknik, fakultas juga sudah melakukan koordinasi serta kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Saat ini penunjang yang dimiliki UNMUHA belum semuanya terealisasi, ini sifatnya masih usulan setelah Surat Keputusa (SK) keluar baru dipersiapkan semuanya.

“Saat prodi kebencanaan di Indonesia baru ada dua, kita yang kedua. Bencana di Indonesia cukup besar khususnya di provinsi Aceh dan penanganannya sangat minim. Dengan adanya program ini kita bisa fokus menangani bencana. Kata Hj. Hafnidar A. Rani,” tutur Dr. Hafnidar.

Ketua tim LLDIktiWilayah XIII Aceh Muhammad Nur, S. Pd., M. Pd, menyampaikan pentingnya kesesuaian data agar proses pelaksanaan kegiatan visitasi dan evaluasi lapangan usulan rekomendasi pembukaan program studi kebencanaan tahap pertama berjalan dengan baik.

Setelah pemaparan oleh calon kaprodi Manajemen Bencana UNMUHA Widya Soviana, ST., M.Si, tim LLDIkti Wilayah XIII Aceh memeriksa kelengkapan administrasi dan klarifikasi dokumen serta melanjutkan evaluasi fasilitas yang akan digunakan untuk Prodi Manajemen Bencana di Laboratorium Fakultas Teknik.

Komentar