Fakultas Teknik Unmuha Sambut 6 Mahasiswa Inbound PMM II 2022

FT UNMUHA – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyambut 6 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di penjuru Indonesia yang mengikuti program Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) II 2022 di Ruang 7A RKU New Zealand, Kamis, 8 September 2022.

Penyambutan para mahasiswa tersebut dirangkai dalam kegiatan temu ramah yang turut dihadiri Dekan FT Unmuha, Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, ST, M.M, IPU, ASEAN Eng, ACPE dan jajarannya.

Program PMM merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Unmuha sendiri mulai aktif berpartisipasi pada program PMM II 2022. Sementara pada program PMM 1 2021 belum berpartisipasi.

Dekan FT Unmuha, Dr. Hafnidar A. Rani, mengatakan dalam program PMM ini, mahasiswa akan mengikuti kegiatan perkuliahan di FT Unmuha selama satu semester.

“Dalam kegiatan ini, mahasiswa program sarjana akan studi ke universitas lain, yang berada di luar provinsi,” kata Dr. Hafnidar.

Mahasiswa yang mengikuti program ini, lanjutnya, mengambil mata kuliah yang hampir sama dengan universitas asalnya sebanyak 20 SKS. Kemudian, setelah program selesai selama empat bulan akan di konversikan kembali di kampusnya.

“Mereka yang ikut program ini ada syaratnya, ada seleksi dan tesnya, bebas memilih universitas mana saja. Setelah seleksi ada yang lulus ada yang enggak. Program ini dibiayai oleh Kemdikbud, supaya mahasiswa keluar provinsi dan mengenal budaya di provinsi lain,” tegas Dr. Hafnidar.

Dr. Hafnidar berhadap program ini bisa membuat mahasiswa saling mengenal budaya dan pendidikan provinsi lain. Pengalaman tersebut akan sangat berharga untuk membentuk soft skill mahasiswa dalam mewujudkan cita-citanya di masa depan.

Perwakilan Mahasiswa PMM FT Unmuha, Gumintang Ubaidillah, mengatakan dirinya sangat tertarik dengan program PMM, karena selain bisa belajar juga bisa jalan-jalan gratis sambil mendapatkan pengetahuan mengenai ragam budaya dari provinsi lain.S

“Saya tertarik ikut program ini. Karena yang pertama kita bisa jalan-jalan gratis sambil belajar. Kita juga bisa merasakan budaya yang beda dari daerah kita, jadi memperluas wawasan,” tutur Gumintang.

Ia menjelaskan alasan memilih PMM di Unmuha karena daftar mata kuliah yang ditawarkan cukup lengkap, sehingga membuatnya tertarik. Selain itu, juga budaya budaya Aceh yang cukup terkenal.

Saya sudah seminggu. Selama satu semester, di samping belajar, ada modul nusantara, kita menjelajahi budaya disini seperti mengunjungi tempat bersejarah dan bertemu tokoh adat,” ucap Gumintang.

Berikut adalah 6 nama mahasiswa yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 Tahun 2022 di Fakultas Teknik Unmuha :

1. Nama : Rita Rahmatillah

NPM : 2213100458

Dari Universitas : Universitas Madura

Dari Fakultas : Teknik (Teknik Sipil)

2. Nama : Gumintang Ubaidillah

NPM : 2213100423

Dari Universitas : Universitas Jember

Dari Fakultas : Teknik Sipil

3. Nama : Rinda Ayu Fatmawati

NPM :2213100456

Dari Universitas : Universitas Merdeka Madiun

Dari Fakultas : Teknik Sipil

4. Nama : Ifa Rusanti

NPM : 2213100426

Dari Universitas : Universitas Madura

Dari Fakultas : Teknik Sipil

5. Nama : Warid Ilzami

NPM : 2213100469

Dari Universitas : Universitas Madura

Dari Fakultas : Teknik Sipil

6. Nama : Diny Amalia I N

NPM : 2213100416

Dari Universitas : Institut Teknologi Nasional Bandung

Dari Fakultas : Arsitektur dan Desain

Komentar